Januari-April, Investasi Asing ke Batam Capai USD387 Juta

Share it:

Metrotvnews.com, Batam: Nilai investasi asing yang masuk ke kawasan Batam pada Januari hingga awal April 2016 mengalami kenaikan signifikan dibandingkan periode sama 2015.

"Hingga 5 April ini tercatat realisasi investasi mencapai USD387,501 juta. Sementara periode sama 2015 hanya USD175,681 juta," kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono di Batam, dikutip dari Antara, Rabu (6/4/2016).
Periode tersebut pada 2015, kata Purnomo, hanya ada 10 perusahaan merealisasikan rencana investasinya. Sementara pada 2016 sebanyak 23 perusahaan asing ataupun gabungan yang merealisasikan investasinya di Batam.

Ia mengatakan, hal tersebut menggembirakan mengingat sejak beberapa bulan terakhir BP Batam diterpa isu pembubaran sehingga menimbulkan investor resah dan calon investor ragu untuk berinvestasi.

"Isu-isu pembubaran BP Batam tentu sangat berdampak pada investasi di Batam. Namun Alhamdulillah masih banyak yang masuk. Banyak juga yang melakukan perluasan usaha," tambah dia.

Purnomo mengatakan, selain yang merealisasikan investasi baru tersebut terdapat juga sejumlah perusahaan yang sudah beroperasi di Batam melakukan perluasan usaha dengan nilai mencapai USD212 juta.

"Itu memang sudah menjadi program dari perusahaan yang sudah beroperasi di Batam. Sehingga mereka tetap melakukan perluasan," kata Purnomo.

Ia berharap realisasi investasi tersebut akan mampu menyerap banyak tenaga kerja lokal dan mendorong peningkatan perekonomian di Batam lebih tinggi lagi.

Sebelumnya Purnomo mengatakan pada periode Januari hingga September 2014 nilai investasi Rp2,3 triliun, sementara untuk 2015 mencapai Rp4,7 triliun. Untuk investasi asing yang masuk ke Batam masih didominasi negara-negara kawasan Asia mengingat kondisi di Amerika dan Eropa masih belum sepenuhnya pulih dari krisis global. Januari-September 2015 investasi asing masuk dari Hong Kong, Singapura, Jepang, Malaysia dan Amerika Serikat (AS).

sources : internet
Share it:

batam

foreigner

infrastructure

investment

singapore

Post A Comment:

0 comments: