Masjid Raya Batam: Masjid Terluas dan Terbesar di Batam yang Berbentuk Mirip Piramida

Share it:

Saat Ramadhan seperti ini memang waktu yang paling pas untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata religi. Salah satunya yaitu ke masjid-masjid yang unik dan memiliki sejarah. Bila sobat traveler sedang berkunjung ke Batam, ada sebuah masjid yang cukup menarik untuk dikunjungi. Namanya Masjid Raya Batam.

Masjid yang disebut juga dengan nama Masjid Agung Batam ini merupakan salah satu masjid di Indonesia yang memiliki bentuk yang cukup unik dengan atap berbentuk seperti piramida. Pada sebuah sisinya pun masjid ini dilengkapi dengan menara setinggi 66 meter.
Masjid Raya Batam berada di Jalan Engku Putri, Kelurahan Teluk Tering, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam. Letaknya yang berada di kawasan Batam Center yang merupakan pusat pemerintahan kota Batam membuat masjid ini mudah untuk dijangkau dan ditemukan. Masjid ini dapat dijangkau dari Bandara Hang Nadim dengan waktu sekitar 20 menit saja menaiki kendaraan bermotor.

Masjid yang berdiri di lahan seluas 75.000 meter persegi ini dapat menampung 3.500 jamaah pada bagian dalamnya. Sedangkan bila bagian luar masjid digunakan, Masjid Raya Batam ini dapat menampung jamaah hingga 15.000 orang. Tak heran bila, masjid ini dinobatkan sebagai masjid terluas dan terbesar di Batam.
Keunikan desain masjid ini tak lepas dari tangan arsitek tersohor di Indonesia yakni Achmad Noeman yang juga pernah merancang Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) di Kota Bandung. Masjid dengan atap berbentuk limas sama sisi dengan tiga bagian irisan ini merupakan simbol perjalanan hidup manusia yang melewati tiga alam yaitu alam rahim, dunia, dan akhirat. Selain itu, bentuk atap juga mengandung simbol hubungan manusia dengan Tuhan.

Memasuki ruang dalam masjid sobat traveler dapat melihat kaligrafi yang terbuat dari bahan seperti tembaga dan kaca patri. Selain itu, ada juga berbagai ornamen dan lampu gantung nan unik yang menambah keindahan dalam ruangan. Di masjid ini sobat traveler dapat melakukan shalat tidak hanya di dalam masjid saja, tetapi di bagian plaza yang merupakan bagian perluasan masjid. Plaza untuk shalat ini terdiri dari 2 lantai yaitu plaza bawah dan plaza atas yang difungsikan untuk menampung jamaah pada saat hari-hari tertentu seperti pelaksanaan shalat Idul Fitri.
source : internet
IndraBlissPArk.com  |  +62 822-4545-5452
Share it:

batam

pariwisata

singapore

Post A Comment:

0 comments: