Pemerintah Bangun 34.626 Jargas menuju Batam Tahun 2016

Share it:

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah berencana menjadikan kota Prabumulih di Sumatera Selatan sebagai kawasan percontohan dari pelaksanaan program percepatan pembangunan gas bumi di Indonesia.

Hal ini ditandai dengan rencana pembangunan 34.626 sambungan rumah tangga (SR) seiring dengan program pemerintah dalam mempercepat penyambungan jaringan gas rumah tangga di kota-kota besar Indonesia.

"Di Prabumulih ini sudah terpasang sekitar 8.000 sambungan jargas dan tahun ini akan dipasang kembali 32.000 sambungan. Sehingga kalau sudah 40.000 terpasang, maka sudah 90 persen," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, Minggu petang (20/3).

Seperti diketahui, tahun ini pemerintah berencana menambah sedikitnya 34.626 sambungan rumah tangga (SR) yang 2.626 SR diantaranya berasal dari investasi anak usaha PT Pertamina (Persero) yakni PT Pertamina Gas (Pertagas) di Sumatera Selatan.

Sudirman mengungkapkan, pembangunan infrastruktur jargas merupakan upaya Pemerintah demi meningkatkan pelayanan umum dalam penyediaan energi yang murah dan terjangkau bagi rakyat.

Pemerintah kata dia juga akan mengupayakan percepatan pembangunan sambungan untuk kota-kota yang memiliki akses ke jaringan gas.

“Sehingga sambungan untuk kota-kota yang memiliki akses ke jaringan gas akan kita percepat. Untuk sumatera selatan akan kita percepat karena ini kan sumber gas juga,” imbuh Sudirman.

Mantan bos PT Pindad (Persero) ini menjelaskan, di dalam pelaksanaannya Pertagas akan bekerjasama dengan Perusahaan Daerah untuk mengelola serta merawat jaringan pipa gas rumah tangga di Prabumulih.

Kerjasama tersebut menurut Sudirman selain merupakan bentuk berbagi value juga merupakan bentuk berbagi tanggung jawab dalam pengelolaan Jargas di Prabumulih.

Sementara itu Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi IGN Wiratmaja Puja mengatakan selain prabumulih akan terdapat 5 lokasi lain pembangunan jargas di 2016.

Di mana kelima lokasi tadi meliputi: Tarakan, Palembang, Surabaya, Balikpapan dan Batam.

“Untuk pembangunan Jargas tahun 2016 ada 6 lokasi dengan nilai anggaran Rp 1,181 Triliun. Prabumulih merupakan kota dengan alokasi sambungan terbanyak dengan rencana 32.250 sambungan terpasang hingga akhir tahun 2016 dan setelahnya Tarakan akan menjadi kota kedua yang seluruh kotanya akan menggunakan jargas," cetus Wiratmaja.

source : internet
IndraBlissPark.com  |  0822-4545-5452
Share it:

batam

infrastructure

investment

singapore

Post A Comment:

0 comments: